Total Tayangan Laman

photo effects software

Entri Populer

Label

alergi (1) Da'wah (2) da'wah kampus (1) demam (1) Gizi (1) Kesehatan (3) Me (2) paracetamol (1) Renungan (3) Resep Masakan (2) Syar'i (1)

Selasa, 18 Januari 2011

Futomaki Sushi


Rencananya seh mau bwt sushi hari Kamis, tapi berhubung hari ni ga jadi ketemu dosen coz Bapak baru bisa ditemui hari Rabu. So, daripada pusing mending masak..hehehe..kebiasaan...
Akhirnya sore ni jadi peristiwa bersejarah coz baru pertama kali praktek bwt sushi dan jadilah para WA crew sebagai para pencicip..Ni sushi ala Indonesia coz ga bisa hilang lidah Indonesianya...
Hmm.. sepertinya tahun ni jadi tahun nyoba masakan oriental...
Oke deh langsung ja Qr bungkus cara membuatnya..
Bahan:
- Beras 250 g + beras ketan 150 g, dicampur dan dimasak pake rice cooker
- telur 2 butir
- wortel 1 buah
- selada 1 ikat
Add caption
- otak-otak dan nugget kepiting
- saus Thousand Island
- nori *  4 lembar
- garam secukupnya
Alat :
Talenan, Pisau, sushi maki*

Cara Membuat :
- Persiapkan dulu semua bahan, masak nasi, kupas wortel kemudian rebus dengan sedikit garam, selada dicuci bersih dengan air mineral, buat telur dadar ala Jepang yah dan goreng otak-otak dan nugget hingga matang.
- Setelah siap, potong semua bahan isi memanjang sesuai selera.
- pembuatan dimulai dengan meletakkan sushi maki, tambahkan nori, susun nasi di atas nori hingga 3/4 bagian dan ujung nori beri beberapa butir nasi sebagai lem, kemudian susun bahan isi dan tambahkan saus lalu gulung, padatkan dan potong- potong. Lakukan hingga semua bahan habis.

Tips:
- pilihlah nori dengan kualitas yang bagus, warna hitam dan tidak gampang robek. Saya pake buatan Korea tapi kualitas kurang bagus..searching lg..
- basahi tangan sebelum mengambil nasi dan meratakan di atas nori.
- isi bisa diatur sesuai selera, resep aslinya pake timun jepang, ikan segar, daun sausnya pake kecap jepang yang dicampur wasabi* (berhubung di kost adanya saus thousand island jadi pake mix campuran semua saus).hehehe...
- telur dadar ala jepang adalah telur yang digoreng dengan api kecil dengan tiga tahan. setiap tahap tidak sampai kering dan langsung digulung, lakukaan terus sampai adonan habis..

Selamat Mencoba...Semoga bermanfaat...ni bagus buat bekal lho...

NB:
* Nori : rumput laut yang diolah dengan dikeringkan dan ditambah minyak wijen sebagai pembungkus atau bahan tambahan sup.
* sushi maki : alat untuk menggulung sushi, mirip tikar kecil. Bisa dibeli di bagian barang- barang jepang.
* wasabi : berasal dari tumbuhan wasabi yang diolah menjadi saus. Rasanya tidak pedas seperti cabe atau merica tapi pedas yang aromanya langsung naik ke hidung dan membuat air mata keluar.

3 komentar:

desni utami mengatakan...

mau nyiciiiiiiiiiiip...

naflah bariqah mengatakan...

boleh boleh..apa seh yg ga bwt desni..hehehe..ntar klo mb bwt lg dikirim ke Balsem yah...Insya Alloh

naflah bariqah mengatakan...

afwan salah nulis yang kemarin. temaki sushi itu yang dipisah dan Qt ndiri yang mencampur, sedangkan klo yang saya buat adalah futomaki sushi.. afwan wa syukron

Posting Komentar